Posted by : Irwan Gustamanjaya Kamis, 07 Juni 2012



Di zaman yang maju akan teknologi seperti ini, Anda pasti sering menghabiskan waktu di depan layar komputer, entah itu untuk bekerja atau sekedar bermain-main. Demi menghindari sakit punggung atau nyeri leher, ada baiknya Anda pun menyimak cara duduk yang tepat saat menghadap komputer seperti yang dilansir dari Health Me Up(04/06) berikut ini.

Manfaat duduk dengan benarKetika postur tubuh Anda sudah benar saat duduk di depan komputer, maka kinerja otot akan menjadi lebih maksimal dan menghindarkan kelelahan dini atau sakit punggung dan nyeri leher. Setidaknya, ada tiga langkah yang perlu Anda lakukan untuk memastikan duduk dengan benar saat menatap layar komputer. 
  • Pertama, duduklah dengan tegak dalam keadaan punggung lurus dan pundak yang stabil. Bagian punggung bawah idealnya bersentuhan dengan bagian belakang kursi.
  • Kedua, Anda bisa menggunakan bantal kecil untuk membantu lekuk tubuh normal Anda di bagian belakang. 
  • Ketiga, posisi kaki sebaiknya tidak terlalu tinggi atau rendah dan ditekuk. Pastikan posisi mata bisa menatap lurus ke arah layar komputer. Sementara itu, tangan yang Anda gunakan untuk memainkan mouse atau mengetik juga disarankan agar tetap lurus dan tidak menganggu posisi duduk.
Istirahat itu pentingHindari duduk dalam posisi yang sama selama lebih dari 30 menit. Anda bisa melakukan senam leher atau melakukan stretching sederhana demi menghindari nyeri punggung dan leher. 
Meskipun Anda duduk sambil bersandar, pastikan posisi Anda tetap tegak agar tidak menyebabkan nyeri pada bagian punggung atau leher dan membuat Anda tidak nyaman.

{ 72 komentar... read them below or Comment }

  1. iya benar tuh , jadi orang harus bengitu

    BalasHapus
  2. mantaapp gan..thanks bgt sharenya..!!

    BalasHapus
  3. Memang harus seperti itu...

    BalasHapus
  4. makasih sob infonya, sangat berguna, apalagi seperti saya yang kadang2 berjam-jam didepan komputer. salam

    BalasHapus
  5. makasih sob infonya, sangat berguna, apalagi seperti saya yang kadang2 berjam-jam didepan komputer. salam

    BalasHapus
  6. keren blognya jadi inspirasi

    BalasHapus
  7. tips yang sangat penting bagi kita selaku market ol . .

    BalasHapus
  8. itu juga bisa menghindari nyeri punggung yah gan . .

    BalasHapus
  9. info yang sangat bermanfaat nih,,,

    BalasHapus
  10. saya termasuk orang yang kerja dengan tidak memperhatikan posisi duduk,,,
    terima kasih untuk sharenya

    BalasHapus
  11. cara duduk yang sangat bagus...
    terimakasih.

    BalasHapus
  12. posisi tubuh yang benar itu sangat penting sekali...
    apalagi kalo kita bener-bener kerja nya hanya di depan komputer.

    BalasHapus
  13. artikel yang bagus...
    semoga bermanfaat untuk orang banyak.

    BalasHapus
  14. semoga bisa kita terapkan yah a . .

    BalasHapus
  15. informasi yang pas buat maniak warnet..aahaa

    BalasHapus
  16. iya, saya juga sering mengeluhkan sakit punggung dan leher setelah berjam-jam duduk di depan komputer, ternyata hal itu disebabkan oleh posisi duduk saya yang tidak benar.
    Makasih gan,atas infonya.

    BalasHapus
  17. posisi tubuh yang benar itu sangat penting sekali...
    apalagi kalo kita bener-bener kerja nya hanya di depan komputer.

    BalasHapus
  18. makasih sob infonya, sangat berguna, apalagi seperti saya yang kadang2 berjam-jam didepan komputer. salam

    BalasHapus
  19. tips yang sangat penting bagi kita selaku market ol .

    BalasHapus
  20. posisi tubuh yang benar itu sangat penting sekali...
    apalagi kalo kita bener-bener kerja nya hanya di depan komputer.

    BalasHapus
  21. aduh,pantesan beberapa hari ini saya selalu mengeluh setelah duduk berlama-lama di komputer.
    mulai sekarang, saya akan memperbaiki posisi tubuh saya di depan komputer

    BalasHapus
  22. saya malah sering sambil tiduran,.. he he.. ga lagi deh

    BalasHapus
  23. tipsnya oke banget gan,ane setuju tuh.
    terima kasih saranya.

    BalasHapus
  24. terima kasih atas info dan sarannya, semoga bisa bermanfaat bagi semua

    BalasHapus
  25. thx gan bermanfaat sekali artikelnya, kemarin saya juga sempet nyeri punggung gara2 ol berjam jam ..

    BalasHapus
  26. wahh..informai yg sangat inspiratif,,,saya akan mencoba memperbaiki posisi ketika saya duduk di depan komputer

    BalasHapus
  27. wahhh...ternyata selama ini posisi duduk saya salah,,,,,thanks y sudah memberitau mengenai posisi duduk di dpn komputer ini

    BalasHapus
  28. wah,,terima kasih buat tipsnya berguna bagi kesehatan kita smua nih :)

    BalasHapus
  29. oh,saya bahkan baru tahu bagaiman posisi yang benar ketika duduk di depan komputer, tengkyu gan..

    BalasHapus
  30. waa artikel yang berguna banget bieh buat ane gan, emang bener kalau posisi duduk gk berubah-ubah punggung sama leher pasti kena,
    sebagai tambahan buat artikel di atas, sering kan lah minum air.
    terima kasih.

    BalasHapus
  31. emang bener , apalagi pekerjaan marketing online sangat berhubungan sama komputer setiap hari nya ..

    BalasHapus
  32. traimaksi banyak buat tipsnya,.. memang bner gan apalagi kita sebagai marketing online sering setiap hari berhubungan dengan komputer,..

    BalasHapus
  33. pantesan sob,kalau lg di depan komputer pasti cepet lelah dan suka nyeri leher juga,jadi itu karena posisi duduk yang salah ya

    BalasHapus
  34. nice info kak :D

    BalasHapus
  35. nice share kang,,,,,

    mantap nih blognya :D

    BalasHapus
  36. mksih ya info nya...
    jd tau gmn posisi duduk d depan kmpter, mlia skarang amu mmperbaiki posisi duduknya ah...............

    BalasHapus
  37. makasih atas penjelasan nya.

    saya akan lakukan yang udd di cantum kan

    BalasHapus
  38. makasih info nya gan ..
    sangat bermanfaat terutama buat ane!

    BalasHapus
  39. wah,kalau kita ngga memperhatikan tips di atas, bisa-bisa...semuanya akan berakibat fatal pada kesehatan kita.

    BalasHapus
  40. oh, begitu ya? mulai sekarang saya akan menjalankan tipsnya deh. karena selama ini saya sering memiliki keluhan pegal dan nyeri punggung setelah duduk lama di depan komputer

    BalasHapus
  41. terimkasih mas atas infonya infonya

    BalasHapus
  42. wah,selam ini saya sudah salah posisi ketika duduk di depan komputer.

    BalasHapus
  43. Buat yang suka gadang nih. mantaff

    BalasHapus
  44. wah infonya bagus banget..
    boleh di coba nih ,, kebetulan saya kerjanya di depan komputer ,,,

    BalasHapus
  45. ini sangat bermanfaat bagi kami yang bekerja seharian dsepan komputer.

    BalasHapus
  46. Kerja online biar manfaat baca neh artikel :D

    BalasHapus
  47. iya nih, gara-gara salah posisi duduk saat di depan komputer, leher dan punggung rasanya sakit& Pegel2 ..

    BalasHapus
  48. terkadang saya gak seperti itu kalau kerja duduk di depan komputer, makanya sering pegel2. Dan mulai dari sekarang saya harus bisa seperti anda bilang. mksh!

    BalasHapus
  49. Kalau duduk di depan komputer memang serba salah kalau saya mah biarpun duduknya seperti itu, tapi pegel memang tetap ada. Panas men bokong...... :)

    BalasHapus
  50. wah ternyata posisi duduk dapat menimbulkan penyakit ya, mungkin saya sakit leher juga karena itu ya terima kasih ya infonya

    BalasHapus
  51. waduh biarpun duduknya seperti itu, tapi kalau udah lama duduk di depan komputer pasti pegel tetap terasa. Apa ada cara lain?

    BalasHapus
  52. Duduk di depan komputer memang harus begitu supaya tidak cepat pegel dan sakit leher,,,, dengan posisi tubuh tegap akan membantu sekali. Maka dari itulah semua orang melakukan duduk seperti itu, ini banyak dialamin tapi oleh BATUR.....

    BalasHapus
  53. baiklah kalo begitu saya akan menerapkan tipsnya gan..............atas informasinya terimakasih...

    tapi maaf kenapa yang diwarnet harang yang pake kursi gan.....

    BalasHapus
  54. bagus nih gan tipsnya untuk menghindari rasa pegal saat bekerja . .

    BalasHapus
  55. boleh juga tuh di coba..hehee

    BalasHapus
  56. saya akan coba mempraktekkannya, karena selama ini saya sering mengalami keluhan pegal-pegal setelah bekerja di depan komputer.

    BalasHapus
  57. wah kalau aq lebih sering sambil tiduran sob..
    kadang sakit juga sih leher..
    abis lebih enk,
    capek tnggal tidur aja..hehe

    BalasHapus
  58. kalo posisi lesehan bagus gak yah sob?

    BalasHapus
  59. iya nih, sakit punggung juga lama-lama di depan komputer. makasih tipsnya.

    BalasHapus
  60. posisi yang sangat jarang saya lakukan, bahkan saya sering baring saat bermain dengan pc..

    mesti ubah kebiasaan nih..

    BalasHapus
  61. informasi yang sangat bermanfaat

    BalasHapus
  62. info ini sangat bermanfaat bagi saya yang tiap hari duduk di depan komputer

    BalasHapus
  63. terimakasih informasinya ini sangat bermanfaat

    BalasHapus
  64. ok..makasih infonya..
    v kadang-kadang aku orangnya cepet bosen,jadi duduknya semaunya

    BalasHapus
  65. terima kasih tipsnya..
    tapi tetap aja ane kadang-kadang lupa

    BalasHapus
  66. satu hal yang jangan di lupakan saat duduk lama di depan pc yaitu "berkedip"
    di sadari atau tidak kita kurang berkedip saat bekerja seharian di depan pc

    BalasHapus
  67. iya nih kalo udah main komputer jadi gak perhatiin posisi tubuh mau nya seenak nya aja yang penting nyaman... eh ternyata kalau di biarin malah jadi fatal yaaa...

    BalasHapus
  68. saran yang bagus....makasih udah ngshare

    BalasHapus
  69. bener banget tuh supaya kita juga kena penyakit

    BalasHapus
  70. makasih atas infonya

    BalasHapus
  71. wah makasih gan buat infonya,, bermanfaat sekali,, kebetulan saya kerja sehariannya di depan komputer

    BalasHapus

Silahkan komentar untuk kemajuan blog ini. Maaf komentar anda saya moderasi untuk kali ini agar saya bisa membalas komentar anda.
Terimakasih atas komentarnya. "Berbagi itu indah"

Recent Post

Popular Post

www.aairwan.com. Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © AA-IRWAN -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by aa-irwan -