Posted by : Irwan Gustamanjaya Minggu, 13 Mei 2012


Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negei, Irman mengatakan pencetakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik, harus menunggu seluruh titik pelayanan pembuatan di kelurahan atau kecamatan di 197 kabupaten-kota beroperasi. "Untuk mencegah data ganda, oleh karena itu pencetakan e-KTP ini setelah semua titik pelayanan itu sudah operasional," kata Irman.
Sementara itu, untuk proses pembuatan e-KTP itu sendiri, warga diminta mendatangi kecamatan atau kelurahan untuk memasukkan data nomor induk kependudukan (NIK) yang telah dimiliki warga yang tercantum dalam KTP asli lama, ke dalam sistem komputerisasi.
Selanjutnya, sistem akan mengeluarkan data diri dari warga tersebut sesuai NIK yang telah terdaftar sebelumnya dan data tersebut dicocokkan kembali.

http://i.poskota.co.id/uploads/2011/08/e-ktp31.jpg


Kemudian, warga akan difoto dan membubuhkan tanda tangannya, diikuti dengan rekam sidik jari dan perekaman retina mata. Setelah semua data dimasukkan dan diverifikasi ulang langsung pada warga yang bersangkutan, data dikirimkan ke pusat data di Kemdagri untuk diverifikasi guna memastikan ketunggalannya.
Sementara, hingga saat ini data yang telah masuk ke pusat data KTP elektronik Kemdagri sekitar 26 ribu yang berasal dari wilayah DKI. Program KTP elektronik secara nasional dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama dilaksanakan di 197 kabupaten/kota dan tahap kedua dilaksanakan pada 2012 di 300 kabupaten/kota.

http://news.cnet.com/i/ne/p/2005/56gatesid500x360.jpg


Sumber

{ 38 komentar... read them below or Comment }

  1. Udah jadi belom sobat E-ktp nya, punya saya blm jadi tuh udah lama bikinnya.

    BalasHapus
  2. ya ane juga. prosedurnya ribet dan pasti ujung2x duit lagi dan calo

    BalasHapus
  3. memang makin ribet aja skrng kalo bikin ktp

    BalasHapus
  4. ok,, terimakasih atas pencerahannya.

    BalasHapus
  5. ditempat saya malahan belum ada gan ..

    BalasHapus
  6. hemm kapan yah realisasinya di tempat saya..

    BalasHapus
  7. Di tempat saya sudah dilaksanakan, tapi belum jadi e-KTP nya.

    jadi penasaran gimana bentuknya.

    BalasHapus
  8. ternyata ga terlalu rumit yah..

    BalasHapus
  9. baru tau juga solanya di tempat saya belum ada tuh..

    BalasHapus
  10. ohh, jadi mesti nunggu smua daerah selse ya,
    ane udah daftar buat foto nih nanti malem baru brgkt soalnya ngantri

    BalasHapus
  11. aku juga sudah bikin cuma belum jadi katanya harus nunggu 9bulan buat jadinya tuh gan

    BalasHapus
  12. aku juga sudah bikin cuma belum jadi katanya harus nunggu 9bulan buat jadinya tuh gan

    BalasHapus
  13. lebih ribet lebih akurat justru

    BalasHapus
  14. semoga ceptterealisasi untuk daerah saya ..

    BalasHapus
  15. mkasih gan info'y... :D

    BalasHapus
  16. ternyata proses pembuatan e KTP tdk terlalu ribe juga, tpi prosesnya lelet sampe sekarang blm ada hasil pembuatan e ktp diterima masyarakat kenapa ya...

    BalasHapus
  17. keren nih tampilan e-ktp nya..
    tapi sayang sampe sekarang belum keluar-keluar juga.

    BalasHapus
  18. pembuatan e-ktp itu nyampe berapa bulan gan jadi nya?

    BalasHapus
  19. semoga saja dengan ada nya e-ktp.....
    tidak ada lagi yang nama nya teroris....

    BalasHapus
  20. ane belom bikin e-ktp gan....

    BalasHapus
  21. sampai sekarang realisasinya belum ada untuk daerah saya . .

    BalasHapus
  22. tapi ko sampai sekarang belum ada yah yang namanya e ktp di daerah saya . .

    BalasHapus
  23. Ane juga waktu itu dipanggil ke kelurahan tapi ga datenglah..
    Kdengerannya juga pemerintah separuh hati melaksanakannya..
    Mending nanti aja kalo emang dah betul fix andaikata keluar duit ya ga masalah..

    Peluang Usaha Terapi Ion Elektrik Modal Terjangkau.!!

    BalasHapus
  24. wah kemajuan yang luar biasa,tapi jangan sampai akhirnya ada penyelewengan

    BalasHapus
  25. lama banget neng jadi

    BalasHapus
  26. gan kenapa di saya belum ada tapi separo sudah, ...

    BalasHapus
  27. info yang sangat bermanfaat sekali buat di pahami, ...

    BalasHapus
  28. artikel yang bermanfaat sob, ...

    BalasHapus
  29. kali aja untuk ide ini berjalan lancar,dan dengan mudah rakyat bisa untuk mengikutinya

    BalasHapus
  30. sungguh ribet dan bener-bener ribet

    BalasHapus
  31. Anonim4/10/12

    Nunggu nya brp lama pas buat e-ktp ? Thanks

    BalasHapus

Silahkan komentar untuk kemajuan blog ini.
Terimakasih atas komentarnya. "Berbagi itu indah"

No Copas

Recent Post

Popular Post

www.aairwan.com. Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

- Copyright © AA-IRWAN -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by aa-irwan -